Ad
Ad
Ad
Properti

Pahami Bangunan dan Arsitektur Sebelum Investasi Properti

Pinterest LinkedIn Tumblr

Topik kita sekarang yakni pahami bangunan dan arsitektur sebelum investasi properti. Apabila minat bergelut di dalam dunia properti, salah satu yang harus Anda pahami dengan baik ialah Bangunan dan Arsitektur. Bangunan di sini ada beragam rupa, yaitu seperti rumah tinggal, ruko, pabrik, hotel, convention center, mall, tempat ibadah, bahkan yang paling sederhana pun sebuah pos jaga satpam yang ada di pintu gerbang depan perumahan Anda tetap layak disebut sebagai bangunan.

Pahami Bangunan dan Arsitektur

Pahami Bangunan dan Arsitektur

Berikut penjelasan singkat mengenai mengapa Anda harus pahami bangunan dan arsitektur properti :

A. Bangunan

Semua buatan manusia untuk berlingung bisa disebut bangunan. Jadi yang dimaksud bangunan di sini yang tidak memperdulikan apakah bangunan tersebut :

  • Bentuknya besar ataupun kecil.
  • Akan digunakan oleh seorang presiden ataupun tukang becak.
  • Terletak di kawasan yang elite ataupun kumuh.
  • Terbuat dari bahan yang mahal dengan kualitas prima dan mewah. Seperti istana para raja ataupun hanya sekedar kolase dari kardus bekas di sepanjang kali atau bawah jembatan bagi para pemulung.

Bangunan bisa diartikan sebagai segala tempat berlindung buatan manusia. Yang dipakai untuk melindungi diri dan mendukung kehidupannya dengan baik agar tidak terganggu oleh faktor : fisik, psikis dan emosional.

B. Arsitektur

Terus kalau arsitektur dan arsitek itu apa? Arsitektur yang ditahu selama ini merupakan turunan dari kata bahasa inggris architecture. Dan asal muasalnya sebagaimana kebanyakan ilmu klasik yang ada di eropa yaitu berasal dari bahasa Yunani. Jadi kata arsitektur berasal dari architekton = master builder, “kepala tukang” = “tukang yang ahli”.

Sedangkan untuk karya tulis yang pertama kali hadir ialah De Architectura. Karya tulis tersebut ditulis oleh seorang arsitek Yunani yaitu Vitruvius pada abad ke-1 Masehi. Menurutnya sebuah bangunan harus memenuhi tiga syarat yakni firmitatis, utilitatis, venustatis (kekokohan, berdaya guna, mempesona). Landasan pemikirannya ini selanjutnya menjadi landasan teori berarsitektur klasik di dunia barat dan kemudian berkembang ke seluruh dunia hingga saat ini.

Dunia timur dengan segala kearifannya juga memiliki akar arsitektur yang berbeda. Di India dikenal dengan istilah Vasthu (Vidya) yang bisa disetarakan dengan (Ilmu) Arsitektur di negara barat. Sedangkan pelakunya atau arsiteknya mempunyai beberapa sebutan yang artinya sama yakni sthapati, achariya, atau sutradhara. Jadi ternyata sebagai bangsa Indonesia, kita tak perlu berkecil hati. Karena, Indonesia ternyata punya akar budaya arsitektur yang murni dan kuat yang merupakan serapan dari kebudayaan India tersebut.

Arsitektur saat ini bukan lagi sekedar membangun fisik untuk keperluan manusia. Tapi melibatkan aspek budaya yang terlibat didalamnya. Sehingga apabila Anda saat ini masih melihat peninggalan berbagai bangsa kuno dari masa lampau masih berdiri tegar sampai dengan sekarang. Ini merupakan petunjuk bahwa bangsa-bangsa tersebut sudah memiliki peradaban yang tinggi pada saat itu. Karena arsitektur yang telah dicapai berbanding lurus dengan tinggat peradaban suatu bangsa.

Hal ini masih dapat Anda lihat bagaimana bangsa Yunani, Romawi, Mesir, China, India, Nusantara, Maya dll. Di mana peninggalan arsitektur bangsa tersebut masih banyak yang berdiri kokoh sampai dengan saat ini.

Faktor Terkait Arsitektur

Jadi, arsitektur juga bisa dimaknai sebagai bangunan buatan manusia yang sudah “ditiupkan jiwa ke dalamnya”. Dunia arsitektur yang ada di dunia ini sangat beragam disebabkan banyak faktor yang mempengaruhinya bisa bermacam-macam, misal :

  • Geografis : Mesir yang tandus dan berpadang pasir lebih cocok untuk dibangun suatu super struktur yang solid yaitu berupa piramida. Karena tersedia tambang batu granit dengan kualitas terbaik di Mesir.
  • Kepercayaan : Yunani yang memiliki banyak dewa. Di mana dewa ini diserupakan dengan manusia sehingga menurunkan skala arsitektur. Yaitu merupakan turunan dari dimensi tubuh manusia ideal ke dalam bangunannya. Yang terkenal dengan tiga gaya yaitu: The Doric, Ionic dan Corinthia
  • Keadaan alam : Jepang dengan alamnya yang labil karena ada daerah pegunungan berapi dan mudah terjadi gempa. Maka Jepang melahirkan arsitektur non-rigid yang terbuat dari kayu berpasak sehingga fleksible, dll.

Sedangkan arsitek adalah pelaku arsitektur itu sendiri. Arsitek adalah orang yang memiliki kapasitas (tukang insinyur) tentang ilmu arsitektur yang memahami kaidah estetika dalam perancangan dan pembangunannya.

Pilihan Anda

Apabila Anda akan membangun suatu rumah impian, atau resort hotel terbaik di dunia. Di mana tanahnya sudah Anda miliki di suatu pulau terpencil dengan pemandangan tepi lautnya yang berkoral. Dan air laut tenang yang membiru atau tanah kosong yang sangat strategis di tengah pusat bisnis. Serta rencananya akan Anda bangun menjadi mix use complex lengkap mulai mall, apartement, office, entertainment, education, convention center dll. Maka pahami bangunan dan arsitektur yang akan jadi pilihan.

Anda sekarang punya 2 pilihan, mau “menjadikan karya Anda tersebut cukup sebagai pintalan benang yang setelah selesai akan menjadi handuk yangg mudah Anda beli di toko” yaitu berupa sebuah BANGUNAN saja yang sekedar berarti seefisien mungkin (biaya murah), seefektif mungkin (menyuguhkan fungsi-fungsi pokok saja, orientasi karya nir karsa).

Pilihan kedua adalah Anda lebih berhasrat merajut sebuah mahakarya yang benangnya terbuat dari pembuluh darah jantung terbaik. Karena setelah jadi akan Anda persembahkan jadi selendang terindah untuk kekasih tercinta. Di mana setiap detak jantung Anda akan selalu dapat dirasakannya. Inilah yang disebut sebagai ARSITEKTUR.

Jadi Anda sekarang telah mengerti bahwa Anda ada pilihan berinvestasi dan menjadi kaya raya secara “lebih beradab” dengan memiliki sesuatu yang bersertifikat SHM bukan sekedar bernilai aset sekian rupiah namun juga merupakan “bangunan-bangunan berjiwa” yang bernama arsitektur.

Sebelum berinvestasi Anda harus pahami bangunan dan arsitektur serta produk dan developernya. Di sini kami menawarkan produk properti dari developer yang terjamin dan terpercaya.

Demikian informasi mengenai pahami bangunan dan arsitektur sebelum investasi properti, semoga artikel kali ini membantu kalian. Mohon artikel bangunan dan arsitektur ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Program Investasi Properti Terbaik

Write A Comment